Gedung Utama Perpustakaan Al-Wathon |
Oleh karena itu, tujuan keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.
Disamping itu juga untuk menumbuhkembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritik serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan. Perpustakaan sekolah berperan sebagai lembaga yang mempunyai tugas membantu dalam pencapaian kecerdasan bangsa. Dari segi kuantitas pertumbuhan perpustakaan mengalami perkembangan yang signifikan, dengan bermunculannya berbagai perpustakaan, baik perpustakaan pemerintah maupun swasta, hanya saja dalam hal kualitas, petumbuhannya masih lamban.
Seperti tertuang dalam Undang-Undang Perpustakaan Pasal 23, setiap sekolah
menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan
dengan memerhatikan standar nasional pendidikan. Perpustakaan wajib memiiki koleksi buku teks pelajaran yang
telah ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan dalam jumlah
mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. Perpustakaan mengembangkan pula
koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan. Perpustakaan
sekolah mempunyai tugas lain pula, yakni melayani peserta didik kesetaraan yang
dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan bersangkutan.
Oleh karena itu citra perpustakaan perlu dibangun agar dapat berkembang dengan
baik pada era globalisasi ini. Dengan membangun citra perpustakaan yang
positif, keberadaan perpustakaan akan membawa dan mengembangkan citra
institusinya, baik di dalam maupun di luar lembaga induknya. Dalam mengembangkan citra, perpustakaan
berusaha meningkatkan layanannya yang sesuai dengan sistem manajemen mutu (Quality Management System). Untuk
mengembangkan citra perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah di Indonesia melalui 3 (tiga) pilar citra utama yaitu
pertama membangun citra perpustakaan (building
image), kedua meningkatkan citra pustakawan (librarian image), dan ketiga mengembangkan perpustakaan yang
berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi atau information and communication technology (ICT based).
Atas dasar itulah perlu disusun profil perpustakaan sekolah. Malalui
penyusunan profil
perpustakaan diharapkan agar segala sesuatu yang berkaitan dengan perpustakaan seperti
data rinci perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, program
kegiatan strategis dan operasional dapat diketahui dan diakses oleh publik atau pihak-pihak yang berkepentingan.
Selain itu, dana yang tersedia dapat dibelanjakan secara
bijaksana. Profil Perpustakaan
yang akurat, benar, dan mutakhir juga akan membantu sekolah memenuhi tuntutan
publik akan perlunya partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Perpustakaan sekolah akan lebih
bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran
disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi
peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu
menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih
bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar